Patria Es Humanidad: Cinta dan Pengorbanan Seorang Dokter

Patria Es Humanidad: Cinta dan Pengorbanan Seorang Dokter
oleh: Tracy Kidder
Penerbit : Qanita (Mizan Group)
Edisi : Soft Cover
ISBN : 9793269189
ISBN-13 : 9789793269184
Halaman : 652

Sinopsis Buku:
Gadis kecil yang memilih di tempat tidur dekat pintu itu baru saja tiba dengan ambulans keledai. Farmer lalu melakukan tes spina kepadanya, disaksikan dua dokter muda yang ikut memegang gadis itu. Urat-urat leher Farmer yang kurus tampak menonjol ketika dia menusukan jarum. Jeritan keras terdengar dari anak itu: “Life m mal, mwen grungcu!” Farmer mendongak, dan untuk sesaat itu menyuarakan dongeng Haiti lagi: “Gadis ini berteriak, ‘Sakit! Aku lapar!” Bisakah kaupercaya itu? Hanya di hati seorang anak menjerit bahwa dia lapar saat menjalani tes spina.”

Dongeng Haiti itu hanyalah satu dari sekian banyak dongeng luka dan kesedihan dalam perbendaharaan hidup Paul Farmer. Tumbuh besar dalam sebuah bus di tempat parkir umum, lalu di atas perahu yang dibeli Ayahnya di bursa rongsokan, Farmer menemukan panggilan jiwanya saat menempuh pendidikan di Harvard Medical School memberikan pertolongan kualitas nomor satu bagi mereka yang paling membutuhkan – kaum miskin.

Melalui Patria Es Humanidad, pemenang Pulitzer, Tracy Kidder, mengajak kita mengenal Paul Farmer – profesor Harvard, pakar antropologi kesehatan dan spesialis di bidang penyakit infeksi, juga Robin Hood kelas dunia, dokter yang merasa mendua jika harus menjual jasa di dunia tempat sebagian besar orang tak mampu membelinya. Buku ini memotret karakter Farmer yang karismatik, brilian, selera humornya yang tak lekang oleh duka dan air mata yang setiap saat mengitarinya, juga kisah kasih Haitinya dengan putri penulis terkemuka Roald Dahl, Ophelia Dahl.

Tak perlu menyesal jika Anda gelisah, tak nyaman, merasa beraslah sekaligus ingin tertawa saat membaca buku itu. Perasaan-perasaan seperti itulah yang juga dirasakan Farmer. Perasaan-perasaan itulah yang juga dialami Tracy Kidder ketika menguntit semua “gerak-gerik” Farmer untuk kemudian menuangkannya dalam buku ini. Patria Es Humanidad!

Haruskah membeli Patria Es Humanidad? Ya, usahakan dengan cara apa pun. Bukan hanya dapat dinikmati, buku itu juga akan menggiring perhatian Anda sampai kepada mereka yang paling membutuhkannya – kaum miskin.
— New England Journal of Medicine

Kisah ini sungguh luar biasa. Kemampuan Kidder dalam merangkaikan unsur-unsur drama sekaligus hal-hal yang tersembunyi ke dalam suatu tulisan yang reflektif benar-benar tak tertandingi.
— School Library Journal

About sulastama

Sulastama Raharja, Graduated from Geological Engineering, Gadjah Mada University. Development Geologist in Bekasap South AMT.

Posted on May 24, 2011, in Kisah Nyata, Tracy Kidder and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: